Sunday, 20 November 2011

Carpal Tunnel Syndrome?

Kerjaan gue mengharuskan tangan gue nempel diatas laptop dari pagi sampe sore. Pulang kerja, gue belum bisa lepas dari laptop, termasuk disaat gue nulis post ini sekarang dalam keadaan ujung-ujung jari tangan kanan terasa kebas. Lagi kuliah pun sama, gue buka laptop. Pokoknya nonstop.  Malah kalo emang bisa mungkin udah gue kawinin ini laptop. Apa lagi semenjak gue nggak sengaja nemu wifi gratisan dikamar gue. Nggak tau dari mana asalnya, waktu gue mau nyolokin modem, eh wirelessnya conect dengan sendirinya, gue ping test ke blogger ternyata reply, ya sudah sampai sekarang gue online pake wifi gaib yang tiba-tiba muncul ini. Entah ini termasuk pencurian atau tidak, yang jelas wifinya nggak ada key network nya, alias public network, jadi siapa aja bisa conect sesuka hati, termasuk gue. Sip!

Karena lengketnya tangan gue sama si laptop, maka buah hasil kawin silang dengan si laptop ini pun menyebabkan tangan gue terjangkit sindrom carpal tunnel (sepertinya). Gejalanya sih gitu. Diawali kesemutan dan rasa gatal diujung-ujung jari, terus jadi kebas kayak mati rasa, dan sakit kalo ujung jarinya di teken, pergelangan tangan juga terasa pegel-pegel. Yang gue baca dari berbaai sumber sih begitu. Penyebabnya pun mirip. Karena salah posisi pegang mouse atau kelamaan ngetik diatas laptop dengan posisi yang salah. Sedangkan pengobatanya bisa dengan disuntik sebuah cairan entah apa namanya, atau kalo udah kelamaan dan makin fatal (jangka 1-2 tahun) tangan bisa lumpuh, dan harus di operasi. Horor.

Semakin gue baca forum dan artikel tentang si carpal tunnel syndrome ini gue jadi ngeri sendiri. Dalem hati sih selalu berharap ini cuma pegel-pegel biasa. Ya kalo pun emang positif carpal tunnel syndrome, mudah-mudahan ada pengobatan alternatifnya, entah akupuntur atau pijat tradisional.

Tapi untuk sementara ini sih pegel-pegelnya agak berkurang dan mendingan kalo abis di kompres pake air anget. 
Yang jelas, kalo lagi dikasih sakit gini kayak kena teguran. Gue jadi ngerasa kalo kesehataan itu tiada tara. Biasa, manusia. Baru inget kalo udah di tegur. Klasik! Hah.. mudah-mudahan tangan kanan gue nggak kenapa-kenapa.

10 comments:

  1. Serem juga, selain bisa mengakibatkan bolor bisa lumpuh plus diamputansi.

    ReplyDelete
  2. @[L]ain: maka posisikanlah tangan dengan benar.

    ReplyDelete
  3. serem juga ya kalo ngalamin hal itu. hiii...

    ReplyDelete
  4. @Sang Cerpenis: begitulah. makanya hati-hati memposisikan tangan mba.

    ReplyDelete
  5. Waktu ngentry gila2an bulan lalu juga sempet pegel tanganku. Aku sih mikirnya karena keyboard laptop yang gak ergonomis dan kadang posisi tanganku emang gak pas, ditambah ngetik dari pagi ampe sore, selama berhari-hari jadi pegel.

    Ada senam jari buat menghindari sindrom itu gak ya???

    ReplyDelete
  6. Btw, di blog-mu udah gak ada link blog ato web lain ya? Padahal mau kuajakin tukeran link, hehehe

    ReplyDelete
  7. @Mimllati indah: belum searching sih ada apa ga senam pergelangan tangan gitu.

    #iya, udah ga ada mba. hehe.

    ReplyDelete
  8. wah sama neh aku juga suka pegel2 cz tiap hari tangan dilapy mulu....mana jarang gerak wah2...jd kriting deh ne tangan, tp alhamdulilah blm seperti km aldy xixiixixi....soalnya pegelnya cuma pas ngetik lama aja, setelah itu gak lg ^_^ ...wah km kudu periksain tuh lw dah kyk gt...smg cepet sembuh ya sobat :)

    ReplyDelete
  9. @disty: iya. makasih disty. :)

    ReplyDelete
  10. huuahh....kasian tuh jari jemari nya....ganti tangan ajah mas.. =))

    ReplyDelete

komentar disini: